CIety'n@wa_site….

create all your idea

Pertumbuhan dan Perkembangan MH

Apakah kalian pernah mengamati perubahan tinggi badanmu atau adikmu yang masih kecil? Adakah perbedaannya dari waktu ke waktu?

Manusia dan juga mahluk hidup yang lainnya mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Perubahan pada ukuran tubuh bersifat ireversibel (tidak dapat kembali seperti semula). Bertambahnya ukuran tubuh inilah yang disebut dengan pertumbuhan. Ukuran tubuh meliputi tinggi, berat, dan volume. Pertumbuhan pada makhluk bersel satu ditandai dengan bertambahnya ukuran sel. Sedangkan pada makhluk bersel banyak, pertumbuhan ditandai dengan bertambahnya ukuran dan jumlah sel. Pertumbuhan pada manusia dan hewan ada batasnya. Setelah mencapai usia tertentu, manusia dan hewan tidak tumbuh lagi. Sedangkan tumbuhan hampir selalu tumbuh sepanjang hidupnya. Pertumbuhan diikuti dengan proses perkembangan, yaitu proses biologis makhluk hidup menuju tingkat kedewasaan atau kesempurnaan. Contoh perkembangan adalah perubahan susunan dan fungsi organ-organ tubuh.

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua proses yang berjalan sejajar dan berdampingan. Jadi proses pertumbuhan dan perkembangan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Setiap makhluk hidup mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan. Misalnya yang terjadi pada diri kita, kalau diamati keadaan ketika bayi sangat berbeda dengan keadaan saat ini.

untuk mempelajari materi ini secara lebih detail, klik disini.

Untuk evaluasi ambil dari Classmarker

One Response to “Pertumbuhan dan Perkembangan MH”

  1. han han cute said

    gambarnya nggak keliatannnnnnn

Leave a comment